Rabu, 27 November 2013

Lokasi Favorit Vila Pesohor di Hulu Cisadane

BOGOR, TRIBUNEKOMPAS.
By: Rahmat. H.

-Hulu Sungai Cisadane tidak berbeda dengan hulu sungai Ciliwung, sama-sama menimbulkan banjir di Jakarta. Bila hulu Ciliwung menimbulkan banjir karena vila di kawasan Puncak-Cianjur. Cisadane juga menjadi penyebab banjir karena vila di kawasan Bogor, di kaki Gunung Salak.

Aliran sungai Cisadane memecah menjadi dua aliran. Sekitar Istana Bogor terdapat sodetan yang memecah aliran Cisadane. Salah satunya terhubung dengan Kali Pesanggrahan, Cideng, Krukut, dan Kali Baru yang melintasi Jakarta.

Satu kawasan yang disukai para pesohor di kawasan hulu Sungai Cisadane adalah Kawasan Lokapurna di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan. Lokasinya sudah lama menjadi tempat favorit pembangunan vila dan penyewaan vila. Di Desa Gunung Sari terdapat vila milik penyanyi Ahmad Albar. Beberapa politisi juga memiliki vila di daerah itu, seperti politisi Golkar Idrus Marham, Rizal Mallarangeng. Ada juga vila milik mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah Zarkasih Nur dan Harry Capri.

Institut Pertanian Bogor tahun 2010 pernah meneliti setidaknya terdapat Paguyuban Vila yang beranggotakan 120 orang pemilik vila di Desa Gunung Sari. Investigasi Tribunekompas pada tahun 2013 menyebut terdapat 143 pemilik vila yang menguasai 98 hektare di Desa Gunung Sari.

Penelusuran Tribunekompas Kawasan Lokapura seluas 256,7 hektar sejak 1967 dipinjamkan kepada veteran perang untuk pertanian. Sampai sekarang pun lahan ini masih dikoordinasi oleh Markas Pimpinan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Bogor. Awalnya tahun 1974, lahan Lokapura ditanami cengkeh. Pada 1982, ketika harga cengkeh jatuh, kemudian semua cengkeh dimusnahkan. 1980-an mulai muncul vila-vila milik orang luar Desa Gunung Sari.

Kelebihan memiliki vila di Desa Gunung Sari adalah iklim yang masih sejuk karena terletak di kaki Gunung Salak yang masih menjadi kawasan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak). Selain itu beberapa obyek wisata saling berdekatan dengan lokasi vila. Ada kawasan wisata alam Lokapurna yang menjadi daerah utama pembangunan vila. Mempunyai vila di Desa Gunung Sari juga bisa mengunjungi Curug Ngumpet yang ditempuh 9 kilometer. Air terjun lainnya disekitar Desa Gunung Sari, ada Curug Cigamea dan Curug Seribu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar